Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

olahraga bola basket

Olahraga bola basket berasal dari Amerika Serikat, diciptakan tahun 1891 oleh Dr. James A. Naismith. Lahirnya olahraga ini berawal dari keinginan Dr. L.H. Gulick, sekretaris pendidikan jasmani di Young Man Christian Association (YMCA).
Inspirasi yang membawa terciptanya bola basket adalah pemikiran terganggunya kegiatan olahraga oleh karena musim dingin di Amerika Serikat. Karena kegiatan olahraga, saat itu, sudah menjadi kebutuhan masyarakat maka Dr. L.H. Gulick memiliki gagasan untuk menciptakan suatu permainan yang menyenangkan, mudah dipelajari, dan jauh dari permainan-permainan kasar.
Olahraga yang diciptakan oleh Dr. James A. Naismith ini mendapat sambutan baik dari kalangan remaja dan masyarakat pada umumnya. Dalam perkembangannya, masyarakat dunia pun menggemari bentuk permainan baru ini.
Masa awal sebagai sejarah perkembangan bola basket, antara lain:

  1. Tahun 1933, berlangsung Kongres bola basket di Jenewa, Swiss.
  2. Tahun 1933, Kejuaran dunia bola basket pertama di Turin, Italia.
  3. Tahun 1936, untuk pertama kali bola basket masuk cabang yang dipertandingkan dalam olimpiade, di Jerman.
Logo Perbasi
Di Indonesia, bola basket mulai mendapat perhatian yang baik dengan lahirnya induk cabang olahraga basket dengan nama Persatuan Basket Ball Seluruh Indonesia (Perbasi), tanggal 23 Oktober 1952. Tahun 1955, nama Perbasi, kepanjangannya berubah menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia.
Alamat Perbasi:
Basketball Hall, Gedung Basket Koni, Pusat Pintu 1 Senayan, 10270

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Basketball Cursors at www.totallyfreecursors.com