Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manfaat Berkuda

Foto : Bartno
Ghiboo.com - Setiap olahraga memiliki manfaatnya masing-masing. Berkuda meskipun tampaknya sang kuda yang lebih banyak bergerak, tetapi sebenarnya si penunggang pun mendapatkan manfaat baik darinya.

Manfaat yang dirasakan tidak hanya dari fisik tapi juga psikis si pengendara kuda (joki).

Apa saja manfaat yang didapat bagi sang joki?

Fisik - Berkuda merupakan latihan yang baik bagi kardiovaskular dan otot. Setelah Anda berkuda pertama kali, Anda akan merasakan otot yang Anda tak pernah sadar memilikinya. Hal ini karena efek dari gerakan kuda kepada joki.

Jika dihitung perkalori, orang dengan berat 150 pon selama satu jam, berkuda, jogging atau bersepeda menghasilkan pembakaran kalori yang sama, yaitu sekitar 315-480 kalori.

Psikis - Berkuda telah diketahui merupakan salah satu cara yang baik bagi terapi kesehatan khususnya terhadap orang dengan keterbatasan dan keterbelakangan mental. Melalui berkuda, sang pengedara dapat melatih sistem motoriknya, koordinasinya, dan juga meningkatkan kepercayaan diri.

Saat berkuda di alam bebas, akan ada perasaan unik tersendiri sehingga mampu melepaskan stress dalam diri. Bahkan dipercaya menepuk-nepuk kuda dapat menurunkan tekanan darah.

Jalinan hubungan yang semakin mendalam antara sang joki dan kuda, meningkatkan perasaan persahabatan dan tanggung jawab si pengendara.



Bagi umat Islam, olahraga ini menjadi anjuran Nabi Muhammad SAW.

Di salah satu tempat latihan berkuda di Depok, Jawa Barat, tarif berkuda didampingi instruktur untuk 30-45 menit dikenai biaya 484 ribu rupiah.

So, siapa yang ingin coba?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Basketball Cursors at www.totallyfreecursors.com