Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cabang Olahraga Biliar Sudah Berubah

Kuningan News - Ada anggapan, kebanyakan orang yang datang ke rumah biliar adalah para laki-laki iseng. Motivasi mereka tak lagi sekadar bermain biliar. Apalagi, ada beberapa score girl yang mau diajak berbuat lebih. Namun, dalam kurun beberapa tahun terakhir ini semua berubah. Tidak hanya pria, kaum hawa pun memberikan warna tersendiri di rumah biliar. Demikian disampaikan ketua POBSI Kuningan, H Wawan JR kepada Kuningan News, Jum’at (2/3).
“Biliar sudah merupakan perpaduan olahraga, hiburan, dan gaya hidup. Sekaligus sebuah kegemaran dan keasyikan tersendiri bagi anak-anak muda dan profesional muda. Biliar berkembang menjadi sebuah gaya hidup positif yang mengarah pada prestasi. Diera sekarang ini, orang tak sekadar nongkrong, menyodok bola, tapi juga diarahkan untuk memenangkan kompetisi yang diadakan secara reguler di semua tingkatan,”terangnya.
Biliar kata Wawan, adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi. Sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar. Serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.
“Cabang olahraga biliar dimainkan di atas meja dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa jenis. Antara lain, jenis Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim,”katanya.
Sebagai contoh lanjut Wawan, jenis Carom dimainkan di meja yang tidak memiliki lubang sama sekali. Ini berbeda dengan jenis English Billiard dan Pool yang dimainkan di meja yang memiliki lubang sebanyak enam buah.
“Meski sama-sama memilki enam buah lubang, ukuran atau luas meja antara English Billiar dan Pool pun berbeda. Sampai saat ini, yang sangat berkembang di Indonesia adalah jenis Pool yang terbagi dalam Nomor bola 15, bola 8, bola 9 dan bola 10,”paparnya.(j’ly)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Basketball Cursors at www.totallyfreecursors.com